Tuesday, June 18, 2013

Bad Blood : Kemeriahan Lain Inggris Raya ala Bastille

(Archives detikHOT)

Nama Bastille yang dipilih sebagai sebuah grup musik pendatang baru dari Inggris adalah pilihan yang pas. Mengingat keramaian unsur di album terbaru dan perdananya. Sekedar informasi, Bastille itu adalah sebuah perayaan nasional di Perancis pada tanggal 14 Juli, untuk mengenang hari dimana runtuhnya benteng Bastille yang dipandang sebagai pemberontakan bangsa modern.

Bertajuk Bad Blood, Bastille mencoba bergerak sejajar dengan musisi - musisi Inggris lainnya yang sudah lebih dulu mengukir nama. Mengusung genre elektronik pop, menjadikan Bastille sedikit berbeda dari band anak muda yang sudah ada.

Hampir semua materi dalam album ini begitu padat dengan suara - suara yang diciptakan oleh Dan Smith, Chris 'Woody' Wood, Kyle Simmons dan  Will Farquarson. Dibuka dengan track 1 yang berjudul Pompeii, Bastille sudah memberikan patokan dasar dalam bermusik ala mereka. Bunyi - bunyian perkusi dan melodi sudah menghentak sedari awal, belum lagi suara backing vocal yang unik di bagaian reff.

Begitu juga halnya terjadi di track - track selanjutnya, 'Things We Lost In The Fire', 'Bad Blood' dan 'Overjoyed' mash terdengar serupa, hanya ketukan yang sedikit berubah. 

Mungkin baru agar berbeda memasuki track 6, Wight of Living, Pt.II. Lagu ini terdengar catchy dengan nuansa disko ala Bastille yang tidak cepat tapi juga tidak lambat. Tentu dengan paduan suara techno khas britpop yang jika ditebak berasal dari semacam shyntisizer.

Hampir di akhir perjalanan 12 lagunya, ada sebuah track berjudul Oblivion yang terdengar berbeda. Bastille bermain dengan suasana sendu dan lembut di bagian ini.

Di debutnya ini, Bastille terasa ingin menanamkan betul ciri khas bermusik band yang baru terbentuk tahun 2010 ini. Tidak heran, Bastille tidak begitu bereksplorasi dengan kecanggihan perangkat digital yang mereka mainkan.

Tapi tetap saja album Bad Blood ini kemeriahaan baru musik Inggris Raya. Mungkin sudah waktunya ada yang menambahkan lagu mereka ke bawah Pet Shop Boys. Sesuai dengan namanya, Bastille berhasil menjadi pemberontak bangsa modern yang memperjuangkan kemeriahaan bermusik di Inggris Raya

Daftar lagu di album 'Bad Blood'

1. Pompeii
2. Things We Lost in the Fire
3. Bad Blood
4. Overjoyed
5. These Streets
6. Weight of Living, Pt. II
7. Icarus
8. Oblivion
9. Flaws
10. Daniel in the Den
11. Laura Palmer
12. Get Home
13. Weight of Living, Pt. I



RGB Class, Kemang
20.33 WIB

No comments:

Post a Comment

Labels

ARIFA (1) Coretan (10) Emosi Jiwa (10) Fiksi (2) Minggu Pagi (4) Musik (10) Uncategorized (6)