Monday, April 29, 2013

'What About Now' Bukan Melodi Terbaik Bon Jovi

(Archives detikHOT)


Sekilas penggambaran yang berbeda ketika pertama kali melihat cover album terbaru Bon Jovi ‘What About Now’ ini. Begitu bercorak dengan banyak grafis – grafis yang tidak biasa, hanya satu yang menandakan bahwa album itu benar punya Bon Jovi, gambar hati yang ditusuk dengan pedang sebagai ciri khas beberapa cover album band lawas tersebut.

Lebih dalam mendengarkan 12 lagu yang mengisi album itu, ada nuansa lain yang ditawarkan oleh Jon Bon Jovi (vokal), Richie Sambora (gitar), David Bryan (keyboard) dan Tico Torres (drum) kepada penikmatnya. Terasa sedikit demi sedikit musik khas Bon Jovi semakin menghilang.

Dibuka oleh track pertama yang juga hits jagoan mereka, ‘Because We Can’, lagu ini jelas menjadi single hits mereka dan mungkin siapa pun setuju. Alunan distori tipis ala Sambora dan ketukan drum Torres begitu merdu dan mengingatkan pendengarnya akan lagu – lagu Bon Jovi masa lalu.

Menyusul ‘I’m With You’ yang entah mengapa bunyi dan ‘kocokan’ gitar yang terdengar sedikit pop punk. Mungkin Sambora ingin bereksplorasi di lagu ini dan hasilnya, kurang pas dengan suara vokal dari Jon. Tema cinta dan lirik yang menyayat hati masih menjadi jagoan band yang berdiri sejak tahun 1983. Pada lagu ‘What About Now’, Bon Jovi terdengar sangat nyaman memainkan arransemen mereka, komposisi antar pemain yang pas di setiap bagian lagu menjadikan kerinduan tersendiri bagi fans setia Bon Jovi.

Ada dua lagu balada akustik yang juga memanjakan telinga, yaitu ‘Amen’ dan ‘The Fighter’. Di lagu ‘Amen’ sendiri terdengar ketulusan seorang laki – laki yang begitu bersyukur atas kekasih yang mencintainya, ”tidak ada kata – kata yang pantas diucapkan selaian ‘Amen’.” Penggalan lirik lagu tersebut.

Satu lagi eksplorasi band asal New Jersey ini, di lagu ‘What’s Left of Me’, ada instrumen yang terdengar seperi ukulele atau banjo sehingga muncul sentuhan country di bagian refrain. Tampaknya usia tidak pernah membatasi kreativitas opa – opa glamrock itu.

Beberapa lagu masih terdengar sangat Bon Jovi, tapi selebihnya seperti kurang dipoles, tidak bisa dibilang album yang istimewa. Tidak tahu apa yang dipikirkan oleh Richie Sambora Cs ini tapi sejak album ‘The Circle’ 2009 silam, mereka seperti ingin beralih ke arah british pop ala Coldplay.

Bukan tanpa alasan, tak ada lagi petikan melodi ala Sambora seperti lagu ‘This Ain’t A Love Song’ atau distorsi tipis tapi padat seperti lagu ‘Bed of Roses’. Ketukan drum juga tidak lagi perpaduan ‘tom 1’, ‘tom 2’ dan ‘floor tom’, sekarang terdengar lebih stagnan hanya dengan ‘snare’ dan ‘bass drum’.

Meskipun album ini bukan melodi terbaik Bon Jovi, tapi Bon Jovi tetaplah Bon Jovi, tidak ada satupun yang menyerupai dan mencapai kesuksesan yang pernah mereka raih. Album ini sebetulnya adalah pertanyaan Bon Jovi terhadap seluruh dunia, apakah kami masih bisa bertahan? Apakah kalian masih mencintai karya baru kami? ‘What about now?’

Daftar lagu di album 'What About Now'


1. Because We Can
2. I'm With You
3. What About Now
4. Pictures of You
5. Amen
6. That's What the Water Made Me
7. What's Left of Me
8. Army of One
9. Thick as Thieves
10.Beautiful World
11.Room at the End of the World
12.The Fighter

No comments:

Post a Comment

Labels

ARIFA (1) Coretan (10) Emosi Jiwa (10) Fiksi (2) Minggu Pagi (4) Musik (10) Uncategorized (6)